Jasa Pengiriman Barang

Cara Mengirim Dokumen Lewat Jasa Pengiriman Barang

Jasa pengiriman barang tak hanya mengirim barang. Realitanya, ada banyak jenis benda lain yang juga bisa dibawa seperti dokumen. Contohlah, Anda bisa mengirim barang seperti surat, sertifikat, buku, dan lain-lain. Yang menarik, terkadang pengiriman dokumen ini mendapatkan perlakukan yang berbeda dari pihak penyedia jasa pengiriman, lho.

Berikut adalah sejumlah dokumen yang bisa dikirim oleh pihak jasa pengiriman.

  1. Dokumen-dokumen pribadi seperti Ijazah, SIM, dan STNK.
  2. Dokumen di bidang niaga seperti cek, surat berharga, saham, kuitansi, dan lain-lain.
  3. Dokumen pemerintahan seperti surat-surat pemerintah hingga kertas ujian untuk sekolah.
  4. Hingga dokumen sejarah seperti data fosil, autobiografi, buku atau naskah bersejarah, dan lain-lain.

Nah, sebelum Anda mengirim dokumen dengan jasa pengiriman barang, sebaiknya lakukan sejumlah langkah berikut ini. Simak baik-baik, ya!

  1. Anda Bisa Cek Tarif Terlebih Dahulu

Anda tinggal di zaman di mana cek tarif bisa dilakukan jauh lebih mudah dari zaman dahulu. Jika pada zaman dahulu Anda harus pergi ke kantor cabang atau gerai jasa pengiriman, kini Anda bisa melakukannya dengan membuka ponsel pintar atau komputer. Contohlah, Anda bisa mengunjungi situs LJR Logistics di ljrlogistics.com untuk mengetahui detail layann pengiriman dokumen beserta dengan jenis layanan yang disediakan.

Pastikan Anda mengeceknya hingga ke detail seperti alamat pengiriman, kecepatn pengiriman, atau bahkan asuransi jika memang diperlukan. Anda pun bakal memiliki gambaran seberapa banyak tarif yang bakal Anda keluarkan jika memakai jasa pengiriman barang tersebut.

  1. Pastikan Dokumen Sudah Dikemas Dengan Baik

Ingat, dokumen seringkali terbuat dari kertas dan ditulis dengan tinta sehingga rentan mengalami kerusakan apabila terkena air, terkena api, atau bahkan robek di tengah jalan. Oleh karena itulah, Anda harus benar-benar cermat dalam melakukan pengemasan agar dokumen tidak mudah rusak di tengah jalan.

Biasanya sih, pihak penyedia jasa pengiriman barang tidak merekomendasikan amplop tipis untuk dokumen penting. Terkadang, dokumen ini harus ditempatkan di dalam wadah plastik yang bisa ditutup atau disegel. Bahkan, bisa jadi dokumen juga bisa ditempatkan di dalam kardus bekas laptop atau kardus keras lainnya.

  1. Alamat dan Detail lain Harus Jelas

Agar dokumen yang penting bisa sampai ke tujuan dengan cepat dan aman, Anda harus memastikan detail pengiriman juga harus jelas dan benar. Contohlah, selain nama, alamat, dan nomor telepon pengirim, Anda harus benar-benar memberikan nama penerima yang sesuai dengan KTP lengkap dengan nama panggilan lain. Tulis juga nomor telepon penerimanya. Untuk alamat, pastikan detail hingga RT/RW, nama jalan, atau setidaknya nama kelurahan bisa tertulis dengan benar. Jika ada kode pos, bakal jauh lebih baik. Jika ada petunjuk khusus seperti masjid, sekolah, dan lain-lain, juga bisa dituliskan demi mempermudah kurir jasa pengiriman barang mencari alamat.

Write a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *