Jasa Pengiriman

Waktu Estimasi Jasa Pengiriman, Pertimbangannya Apa Saja, Ya?

Setiap kali menggunakan jasa pengiriman, pasti bakal ada estimasi waktu pengiriman barang. Sebuah pertanyaan muncul, dari mana ya perhitungan atau pertimbangan dari estimasi waktu pengiriman ini?

Kalau Anda menggunakan jasa pengiriman barang online, misalnya, pasti bakal keluar estimasi waktu kapan barang yang Anda kirimkan sampai ke tujuan. Hal yang sama juga berlaku kalau Anda membeli barang secara online. Di aplikasi e-commerce, bahkan bakal muncul tulisan yang menunjukkan soal seberapa lama barang yang Anda beli bakal sampai ke tangan Anda.

Istilah estimasi waktu di dunia jasa pengiriman barang di Indonesia bisa diartikan sebagai perkiraan waktu tentang lamanya barang dikirimkan. Ada yang estimasi waktunya cepat seperti beberapa hari saja. Namun, ada juga yang estimasi waktunya bisa cukup lama seperti dua minggu atau bahkan lebih.

Lantas, sebenarnya apa saja sih faktor yang menentukan estimasi waktu jasa pengiriman barang di Tanah Air. Berikut adalah faktor-faktor tersebut.

Jenis layanan dari jasa pengiriman yang dipilih

Hal pertama yang menjadi dasar perhitungan estimasi waktu dari jasa pengiriman adalah jenis layanan yang dipilih. Sebagai contoh, ada layanan same dayyang artinya barang bisa sampai di hari di mana Anda sudah memesan jasa pengiriman barang. Meski begitu, ada banyak persyaratan agar barang bisa sampai dengan sangat cepat seperti jarak yang tidak begitu jauh.

Jika layanan yang dipakai adalah one day service, artinya barang yang Anda kirimkan diperkirakan bakal sampai paling lambat besok. Nah, kesamaan dari kedua layanan ini biasanya adalah harganya lebih mahal dari jenis-jenis layanan lainnya.

Jika Anda ingin mengirimkan barang dengan biaya yang lebih murah, lebih disarankan untuk memakai jenis layanan regular saja. Apalagi jika barang yang dikirim tidak benar-benar dibutuhkan dengan cepat. Meski begitu, sebagaimana pepatah ada harga ada rupa, Anda harus bersabar jika estimasi pengiriman barang ini cukup lambat. Bisa jadi mencapai 2 minggu atau bahkan lebih, bergantung pada lokasi tempat pengiriman.

Lokasi barang bakal dikirim

Sudah disebutkan di poin pertama, lokasi di mana barang bakal dikirim juga jadi perhitungan estimasi waktu pengiriman barang. Semakin dekat jarak barang dikirim, semakin cepat barang bakal sampai.

Contohlah, jika pengiriman barang di dalam satu kota, bisa jadi Anda bisa mendapatkannya dalam sehari atau paling lambat besok. Bahkan meskipun jenis layanan yang Anda pakai bukanlah yang ekspress. Beda soal jika lokasi barang dikirim beda kota, beda provinsi, atau bahkan beda pulau, tentu lebih lama estimasi waktunya.

Apalagi jika barang harus diangkut dengan kapal atau pesawat kargo, jelas membutuhkan waktu untuk melalui perizinan dan berbagai langkah lain. Jadi, Anda pun harus bersabar menunggu barang sampai tujuan.

Omong-omong, kalau Anda membutuhkan jasa pengiriman barang murah namun aman, cepat, dan terpercaya, tak perlu ragu untuk memakai jasa LJR Logistics, ya?

Write a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *