Pengiriman via Cargo

Tips Packing Sayuran Sebelum Dikirim dengan Pengiriman via Cargo

Kini, jual beli sayuran tidak hanya bisa dilakukan secara langsung. Anda bahkan bisa melakukannya secara online sehingga pasar yang bisa Anda dapatkan pun semakin luas. Cukup dengan mengirimkan sayur dengan pengiriman via cargo, maka sayur sudah bisa dikirim ke luar kota.

Hal ini tentu cukup menguntungkan bagi orang-orang yang berprofesi sebagai petani atau yang merupakan pedagang sayur yang berasal dari pedesaan. Cukup dengan menggunakan jasa jual beli online, sayur-sayuran mereka bisa dipesan dari tempat yang cukup jauh dengan harga yang cukup kompetitif.

Masalahnya, sayuran bukanlah barang yang tahan lama. Jika tidak ditempatkan dalam wadah yang tepat, bisa jadi akan mudah layu, rusak, atau tidak lagi bisa dimasak. Daya tahannya juga sebentar. Oleh karena itulah, Anda harus benar-benar cermat sebelum mengirimnya dengan pengiriman via cargo.

Berikut adalah sejumlah cara packing sayuran yang perlu Anda lakukan.

  • Simpan sayuran di dalam wadah plastik yang bisa disegel.
  • Jika sayurannya cukup banyak, bisa dimasukkan ke dalam box yang memiliki penutup. Tapi, pastikan penutup tersebut juga diberi isolasi atau selotip pada sisinya sehingga tidak akan mudah terpapar udara luar dan kesegarannya pun akan terjaga.
  • Sebaiknya pisahkan sayur sesuai jenis. Contohlah, satu wadah plastik hanya untuk sayur bayam, satu wadah plastik lain untuk sayur buncis, dan lain-lain-lain.
  • Jika sayuran mudah rusak atau lebam jika terbentur seperti tomat. Bisa memasukkannya di dalam wadah yang diberi penahan benturan seperti gabus, kain, atau busa. Pastikan tidak menambahkan koran karena kertas justru bisa merusak kelembapan.
  • Jika sayuran membutuhkan pengaturan suhu dan kelembapan, bisa ditempatkan di wadah yang bisa dikendalikan suhu dan kelembapannya.

Selain melakukan hal tersebut, Anda juga harus memperhatikan daya tahan sayur sebelum mengirimkannya dengan pengiriman via cargo. Berikut adalah sejumlah daftarnya.

  • Bahan makanan seperti bawang merah dan bawang putih, kentang, wortel, kubis, serta seledri bisa bertahan sampai tujuh hari di dalam wadah.
  • Beberapa jenis buah dan sayuran seperti semangka, sayur bayam, tomat, paprika, alpukat, brokoli, jeruk, dan buah peach bisa bertahan sekitar dua sampai empat hari di dalam kemasan.
  • Sejumlah buah dan sayuran hanya mampu bertahan satu sampai dua hari sepreti kacang polong, jagung, pisang, stroberi, mentimun, melon, lettuce, dan zucchini sehingga sebaiknya anda kirim dengan pengiriman via cargo dengan layanan pengiriman tercepat.

Selain dengan memperhatikan hal-hal tersebut, pastikan Anda sudah mengecek kondisi sayuran yang akan Anda kirim. Jika kondisi sayurnya sudah menurun, tentu tidak akan mudah menjaga kondisinya tetap baik saat dikirim lewat pengiriman via cargo seperti LJR Logistics. Terkecuali, pengirimannya dalam kota atau jarak dekat. Jika Anda memaksakannya, bisa jadi malah akan membuat sayuran lain yang masih segar ikut terkontaminasi dan ikut mudah membusuk.

Write a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *