Cargo Logistik

Tips Packing Barang dengan Plastik Sebelum Dikirim dengan Cargo Logistik

Kebanyakan orang melakukan packing barang dengan memakai bahan kardus atau wadah keras lainnya sebelum dikirim dengan cargo logistik seperti LJR Logistics. Padahal, sebenarnya ada bahan lain yang bisa Anda gunakan, yaitu plastik. Tapi, membungkus barang yang akan dikirim dengan plastik bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan.

Beda dengan kebanyakan kardus yang sudah didesain cukup kuat, tidak mudah penyok saat terbentur, atau bahkan ditindih benda lain, plastik cenderung cukup lemah dan mudah robek. Artinya, Anda harus benar-benar lebih cermat dalam menyimpan barang yang akan dikirim di dalamnya.

Nah, berikut adalah beberapa hal yang harus Anda perhatika jika ingin melakukan packing barang dengan plastik.

  1. Pastikan Menggunakan Bubble Wrap

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah menggunakan bubble wrap pada barang yang akan Anda kirim. Ini penting karena barang akan Anda masukkan ke dalam wadah plastik, bukannya wadah kardus yang lebih kuat. Setidaknya, Anda harus memberikan perlindungan terlebih dahulu terhadap barang tersebut mengingat terkadang pengiriman lewat cargo logistik membuat barang rentan mengalami kerusakan.

Bubble wrap bisa Anda lapiskan ke barang yang akan Anda kirim. Pastikan lapisannya cukup banyak dan menutup semua sisi dari barang tersebut posisi gelembungnya di bagian dalam menghadap ke barang ya, bukannya ke luar. Setelah itu, berikan selotip pada bubble wrap tersebut sehingga bakal terus merekat sampai dibuka saat sampai di tujuan.

  1. Bungkus dengan Plastik dengan Rapi dan Rapat

Setelah membungkus barang yang akan Anda kirim dengan cargo logistik dengan bubble wrap, Anda tinggal memasukkannya ke dalam plastik. Jika ukuran plastiknya cukup besar, pastikan barang dimasukkan terlebih dahulu lalu lipatlah plastik sehingga bisa menutupi semua bagian barang. Jika ada plastik tambahan sebagai pelindung luar, juga bakal lebih baik karena tentu akan memberikan keamanan yang lebih tinggi. Setelah itu, berikan selotip yang kuat sehingga plastik tidak akan mudah lepas, robek, dan rusak.

  1. Jika Ada Plastik Shrink dan Peralatan Pemasangannya, Bisa Jadi Pilihan

Ada opsi lain yang bisa Anda lakukan jika ingin mengemas barang yang akan Anda kirim dengan cargo logistik, yaitu dengan memakai plastik shrink. Plastik ini bisa membuat barang tersebut tersegel dengan baik. Selain itu, plastik ini juga cenderung lebih tebal dari plastik pada umumnya sehingga lebih kuat dan tidak mudah robek.

Tapi, dalam beberapa kasus, plastik shrink harus dipasang dengan alat seperti heat gun dan heat seal plastic. Jika ada peralatan ini, Anda pun bisa memasukkan benda yang akan Anda kirim dengan mudah.

Jika Anda ingin mengirim barang dengan cargo logistik seperti LJR Logistics, pastikan untuk mengecek detail layanannya dulu di situs resminya, ljrlogistics.com. Selain itu, jangan lupa memberikan alamat yang jelas, ya agar barang sampai ke tujuan dengan aman.

Write a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *