Cargo Logistik

Sejumlah Istilah Dalam Cargo Logistik Udara, Apa Saja?

Dunia Cargo Logistik tidak bisa lepas dari alat transportasi udara alias pesawat terbang. Realitanya, alat transportasi ini memang cukup banyak digunakan karena dianggap cepat dan andal untuk mengangkut banyak barang. Nah, ternyata ada sejumlah istilah dalam dunia pengiriman kargo lewat udara yang perlu kita pahami, lho.

Sebelum jauh mengulik tentang dunia kargo udara, sebaiknya kita mengenal terlebih dahulu tentang kategori penerbangan. Jadi ya, Anda bisa mengenal penerbangan sipil yang juga bisa membawa kargo bersama dengan barang-barang para penumpang serta penerbangan khusus untuk pengangkutan cargo. Nah, khusus untuk yang kedua, sebutannya adalah cargo aircraft. Jenis pesawatnya juga khusus. Jadi di sana tidak akan mungkin ditemukan kursi penumpang karena seluruh kabinnya memang diperuntukkan untuk kebutuhan pengangkutan barang.

Nah, biasanya, jasa pengiriman barang yang melayani cargo logistik seperti LJR Logistics dikenal sebagai freight forwader. Memang, dalam beberapa kasus, Anda masih bisa mengirimkannya langsung lewat jasa maskapainya. Tapi, tetap saja, biasanya dari pihak penyedia jasa seperti LJR Logistics memiliki kelebihannya tersendiri.

Sejumlah Istilah Dalam Kargo Udara

Terdapat sejumlah istilah dalam pengiriman kargo udara yang perlu Anda ketahui. Setiap penyedia jasa memiliki standar dan persyaratannya masing-masing. Nah, berikut adalah sejumlah standar, istilah, dan persayaratan tersebut.

  1. Surat Muatan Udara biasanya dipakai untuk keperluan cargo logistik udara dalam negeri. Sementara itu, sebutan untuk keperluank argo udara internasional adalah air way bill atau AWB.
  2. AWB bisa disebut sebagai dokumen atau surat yang dibuat sebagai bukti adanya perjanjian pengiriman barang antara pihak jasa pengiriman dan juga maskapai penerbangan yang mengirim barang-barang tersebut. Anda bisa mengecek sejumlah detail penerbangan seperti rute yang dipakai. Kalau pengirimannya berjenis individu, maka jenis suratnya disebut sebagai master air way bill.
  3. Cargo Transit bisa disebut sebagai kondisi di mana pesawat pengangkut barang singgah untuk sementara di sebuah bandar kemudian melanjutkan lagi perjalanan ke tempat lain. Biasanya sih, persinggahan ini untuk keperluan membongkar barang yang memang tujuan pengirimannya di tempat singgah tersebut.
  4. Storage adalah istilah di mana barang ditempatkan di dalam gudang. Meski begitu, di dalam gudang, barang-barang ini sudah disortir sesuai dengan jenis, sifat, atau bahkan jenis layanannya. Nantinya, barang tinggal dikirimkan lewat alat transportasi udara.
  5. Istilah lain dalam cargo logistik adalah Cargo Delivery atau Cargo Movement. Intinya sih, barang sudah mulai dipindahkan dari gudang ke tempat transportasi udara.
  6. Unloading bisa disebut sebagai proses di mana barang dikeluarkan dari pesawat karena sudah sampai di bandara terdekat dengan lokasi tujuan pengiriman barang.
  7. 12 adalah istilah untuk dokumen Bea Cukai.

Jika Anda ingin menggunakan jasa cargo logistik dari LJR Logistics, tinggal cek saja situs resminya ljrlogistics.com untuk memilih jenis layanan yang paling tepat sesuai dengan kebutuhan Anda.

Write a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *