Mengenal Prosedur dan Jaminan Mutu LJR dalam Pengiriman Vaksin

Dimulai sejak awal berdirinya hingga saat ini, komitmen dan kinerja PT Lestari Jaya Raya telah menghasilkan banyak kepercayaan dari banyak industri utamanya dari Pedagang Besar Farmasi (PBF) untuk membantu mereka dalam mendistribusikan dan menyalurkan produknya. Hal ini dibuktikan oleh customer tetap LJR yang sebagian besar bergerak dalam industri farmasi. Produk PBF yang notabene merupakan obat-obatan, alat dan bahan kesehatan serta makanan tak pelak membutuhkan penanganan yang ekstra selama proses pengiriman. Menjaga mutu dan kualitas produk tetap terjaga hingga tiba di oulet pengiriman merupakan satu tantangan tersendiri bagi Kami, khususnya produk dengan label Vaksin.

LOS ANGELES, CA-FEBRUARY 6, 2015: A vial containing the MMR vaccine, right, and another vial containing the diluent used to mix the vaccine, sit on a tray before being loaded into a syringe at the Medical Arts Pediatric Med Group on Wilshire Blvd. in Los Angeles on February 6, 2015. (Photo by Mel Melcon/Los Angeles Times via Getty Images)

Vaksin sendiri merupakan produk paling rentan dengan tingkat kerusakan yang tinggi apabila penanganan yang diberikan selama proses distribusinya tidak maksimal. Validasi suhu harus terus dilakukan untuk menjaga kondisi vaksin. Oleh karenanya, Cold Chain System/sistem rantai dingin dalam pendistribusian vaksin adalah syarat mutlak guna mencegah terjadinya kerusakan produk. Sesuai peraturan dari BPOM dan Dinas Kesehatan, kisaran suhu Vaksin yang normal pada umumnya berada di rentang 2 hingga 8.

Berangkat dari hal tersebut, PT Lestari Jaya Raya menyiapkan satu alur khusus dalam pengiriman vaksin dimulai dari:

  1. Proses Pick Up

Pengecekan dilakukan pada saat proses packing dan pick up dengan disaksikan secara langsung dan bersamaan oleh pihak customer dan tim kami yang bertugas di PBF terkait.

  • Pengawasan Langsung dari Tim Customer Support

Tim kami yang bertugas di PBF terkait akan menginformasikan adanya kebutuhan pengiriman khusus berupa Vaksin, sehingga pengawalan dan pengawasan khusus bisa dilakukan hingga tiba di outlet.

  • Proses Pengiriman

Pengiriman dilakukan oleh tim operasional kami secara profesional dan bertanggung jawab. Pada kondisi-kondisi tertentu seperti adanya cancel flight oleh maskapai penerbangan untuk pengiriman via ekspres/udara, team kami akan melakukan re-packing guna menjaga kualitas Vaksin, tentunya dengan ijin sebelumnya dari PBF terkait.  

  • Konfirmasi Penerimaan di Outet

Pengantaran atau penerusan Vaksin dilakukan secara langsung oleh tim kami di daerah tujuan.  Penerima di outlet berupa apotek/rumah sakit/puskesmas/klinik/  instalasi farmasi lainnya akan  mengecek dan  memberikan informasi penerimaan yang valid berupa stempel, tanda tangan dan nama penerima.

Sejak tahun 2018, PT Lestari Jaya Raya juga menyediakan beberapa unit mobil CCP yang memiliki fungsi khusus dalam pengiriman Vaksin. Ketepatan waktu pengiriman dan kualitas produk yang terjaga menjadi satu komitmen dan kebanggaan bagi Kami. Dengan tingkat keberhasilan pengiriman produk-produk PBF, PT Lestari Jaya Raya juga kini semakin mengembangakan sayap di berbagai industri seperti perusahaan appareal, elektronik, 3PL, dan banyak industri lainnya.