Jasa Pengiriman

Mengirim Alat Berat dengan Jasa Pengiriman, Ada Triknya Lho

Variasi barang yang bisa dikirim dengan jasa pengiriman semakin banyak. Bahkan, kini Anda juga bisa mengirim barang berukuran super besar dan digunakan untuk keperluan industri seperti alat berat. Ini beneran, lho meski memang tidak semua penyedia jasa ekspedisi melayaninya.

Anda tahu sendiri bukan kalau alat berat digunakan untuk kebutuhan industri atau keperluan lainnya. Sebut saja, ada backhoe, excavator, dan lain-lain yang dipakai untuk kebutuhan pertambangan. Nah, banyak perusahaan yang membutuhkan jasa pemindahan alat-alat berat ini akhirnya meminta layanan dari ekspedisi yang sudah berpengalaman untuk mengirimnya.

Meski semua hal bisa diurus oleh pihak jasa pengiriman, bukan berarti Anda tidak perlu melakukan apapun jika ingin mengirimkan barang. Akan jauh lebih baik jika Anda juga mengetahui sejumlah trik untuk mengirimkan alat berat.

Berikut adalah trik-trik tersebut.

  1. Cobalah untuk Mengecek Buku Manual dari Alat Berat yang Bakal Anda Kirim

Ingat, alat berat sebenarnya mirip dengan kendaraan seperti mobil yang dilengkapi dengan berbagai peralatan khusus. Jadi, pasti ada buku manual atau pedoman penggunaannya. Jika Anda ingin mengirimkannya, sebaiknya cek dulu deh buku manual tersebut.

Tujuannya sederhana, Anda bisa tahu seperti apa cara menjaga, merawat, atau mengirim alat berat dengan baik dan aman. Jadi, meskipun dikirim dengan menggunakan jasa pengiriman, risiko mengalami masalah atau hal-hal buruk lainnya bisa dicegah.

Lantas, bagaimana jika Anda tidak bisa menemukan buku manualnya? Tenang, Anda tinggal mengeceknya di situs resmi dari merek alat berat tersebut. Biasanya sih mereka juga menyediakan berbagai tips yang Anda butuhkan.

  1. Perhatikan Izin Pengirimannya

Nah, kalau yang satu ini lumayan tricky. Soalnya, ada aturan yang mengatur kalau sejumlah ruas jalan tidak boleh dilewati alat berat atau kendaraan yang membawa alat berat. Hal ini disebabkan oleh bobotnya yang sangat luar biasa sehingga berisiko bisa merusak ruas jalan tersebut. Jadi, Anda dan pihak penyedia layanan pengiriman harus tahu di mana jalur yang tepat dan sesuai untuk mengirimkannya.

Oleh karena itulah, Anda sebaiknya mengeceknya langsung ke pihak jasa pengiriman. Contohlah, Anda bisa menghubungi LJR Logistics di situs ljrlogistics.com untuk mengetahui lebih detail tentang pengiriman barang seperti tentang jalur pengiriman terbaik.

  1. Berikan Perlindungan Terbaik untuk Bagian yang Rentan Rusak

Alat berat, meskipun keras, juga rentan rusak jika terbentur atau mengalami kecelakaan. Bahkan, dalam beberapa kasus, air hujan atau sinar matahari juga bisa mempengaruhi kondisinya. Karena alasan inilah, berikan perlindungan terbaik pada bagian-bagian yang rentan sehingga tidak akan mudah mengalami kerusakan selama dikirim dengan jasa pengiriman.

  1. Perhatikan Lokasi Bongkar Muatnya

Ukuran alat berat yang besar membuat Anda harus mempersiapkan lokasi bongkar muat yang pas. Informasikan tentang hal ini juga kepada pihak jasa pengiriman sehingga mereka bisa tahu tindakan yang tepat untuk melakukannya.

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Google reCAPTCHA

Form Komentar












Captcha Tidak Valid

Ohh sorry, you're not human (Anda bukan manusia)
Silahkan klik kotak I'm not robot (reCaptcha) untuk verifikasi