Jasa Pengiriman

Jenis Mobil Box Dalam Jasa Pengiriman

Ada banyak sekali jenis kendaraan yang dipakai oleh jasa pengiriman di Indonesia. Bahkan, untuk pengiriman lewat jalur darat saja, jenis kendaraannya cukup beragam. Contohlah, ada kurir yang memakai mobil box, sepeda motor, truk, dan lain-lain. Nah, khusus untuk kali ini, kita hanya akan membahas tentang mobil box.

Dari namanya saja, kita sudah bisa membayangkan seperti apa mobil box. Mobil ini biasanya punya bentuk mirip dengan mobil pick up. Bedanya, jika pick up memiliki bak di bagian belakang, mobil box memiliki semacam kontainer kecil. Di dalam kontainer itulah, barang-barang yang dikirim oleh pelanggan dari jasa ekspedisi dikirim dari satu tempat ke tempat lain.

Omong-omong, ada banyak jenis mobil box yang bisa kita temui dalam dunia jasa pengiriman, berikut adalah jenis-jenis dari mobil box tersebut:

  1. Mobil box berjenis pick up

Jenis mobil ini juga bisa Anda sebut dengan mobil pick up box. Alasannya, ukurannya mirip dengan mobil pick up pada umumnya, yaitu panjang sekitar 2,3 meter, lebar sekitar 1,4 meter, serta tinggi sekitar 1,24 meter. Meski kecil, mobil ini sudah cukup memuat barang-barang hingga ukuran 1 ton.

Seringkali mobil box jenis ini dipakai untuk pengiriman barang yang tidak terlalu jauh. Contohlah, jika pihak jasa pengiriman membutuhkan pengiriman dari gudang ke bandara atau pelabuhan, mereka bisa mengandalkan mobil ini. Selain itu, terkadang, mobil ini juga dipakai kurir untuk dikirim ke alamat-alamat penerima di area dalam kota atau luar kota yang tidak jauh. Apalagi jika barang-barangnya membutuhkan penanganan khusus seperti sayuran, buah-buahan atau sejumlah makanan.

  1. Mobil box berjenis CDE

Jenis mobil box lain yang sering dipakai dalam jasa ekspedisi adalah mobil box berjenis CDE atau engkel. Dibandingkan dengan mobil box berjenis pick up, tentu saja ukuran kapasitasnya jauh lebih besar, tepatnya mencapai 2,5 ton. Tapi, jika dibandingkan dengan jenis truk box pada umumnya, truk jenis ini lebih kecil. Alasannya, panjangnya hanya 3 meter, lebarnya hanya 1,6 meter, dan tingginya juga tidak mencapai 1,5 meter.

Selain untuk pengiriman jarak menengah, jenis mobil box ini juga bisa dipakai untuk pengiriman jarak jauh. Syaratnya, bobot barang yang dibawa tidak melebihi 2,5 ton.

  1. Mobil box berjenis CDD

Jenis mobil box yang sering dimiliki oleh jasa pengiriman ini lebih besar dibandingkan dengan yang berjenis CDE. Ukuran kapasitasnya mencapai 5 ton. Karena kapasitasnya yang lebih besar, otomatis truk jenis ini sering dipakai untuk mengirimkan barang sampai ke luar kota atau jarak jauh.

  1. Mobil Box berjenis Fuso

Ada juga mobil box berjenis fuso yang dimiliki oleh jasa pengiriman seperti LJR Logistics. Ukuran kapasitas truk ini mencapai 7 ton. Terkadang, pengiriman barang yang dilakukan dengan truk ini bisa mencapai luar pulau. Truk-truk ini pun seringkali diseberangkan dengan kapal.

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Google reCAPTCHA

Form Komentar












Captcha Tidak Valid

Ohh sorry, you're not human (Anda bukan manusia)
Silahkan klik kotak I'm not robot (reCaptcha) untuk verifikasi