Jasa Pengiriman

Jasa Pengiriman Memakai Moda Transportasi Kereta Api, Apa Kelebihannya?

Ada banyak jenis transportasi yang bisa dipakai oleh jasa pengiriman di Indonesia. Ada yang memiliki kendaraan seperti truk sendiri sehingga mampu mengirimkannya ke berbagai tempat. Tapi, kalau Anda cermati, ada juga pengiriman barang yang memakai kendaraan umum seperti kapal laut atau pesawat terbang. Biasanya sih, jenis transportasi ini dipakai untuk pengiriman antar pulau atau ke tempat yang sangat jauh.

Tapi, pernahkah Anda melihat ekspedisi pengiriman memakai moda transportasi kereta api? Yap, meski kereta api baru tersedia di tiga pulau di Indonesia, yaitu Jawa, sebagian Sumatra, dan sebagian kecil Sulawesi, realitanya banyak yang menggunakan jasanya untuk mengirimkan barang. Khusus untuk kereta api di Jawa, penggunanya cukup banyak karena jaringan keretanya sudah cukup besar dan frekuensi kereta cukup banyak.

Selain itu, ternyata kereta juga ada yang hanya khusus dijalankan untuk mengirimkan barang. Sebutannya sih kereta logistik. Jadi, gerbong kereta jenis ini sama sekali tidak mengangkut penumpang manusia, melainkan penumpang barang saja.

Ada alasan mengapa pengguna jasa pengiriman dengan memakai angkutan kereta api cukup tinggi, berikut adalah beberapa di antaranya.

  1. Biaya Pengiriman Kereta Cenderung Hemat

Ada alasan mengapa jasa ekspedisi mengirim barang dengan kereta api, yaitu biaya pengiriman yang lebih terjangkau. Bahkan, jika dibandingkan dengan mengirim barang dengan truk sendiri misalnya, bisa jadi lebih menguntungkan. Apalagi jika barang yang dikirim cukup banyak.

Hal ini disebabkan oleh daya tampung kereta api yang sangat banyak. Seluruh barang tersebut bisa dikirim dalam sekali waktu kereta berjalan. Selain itu, kereta api tidak perlu melewati jalur tol yang biasanya membutuhkan biaya cukup mahal. Otomatis, biaya pengiriman pun bisa ditekan dengan signifikan.

  1. Barang Bisa Dikirim dengan Cepat

Kereta selalu melintas setiap hari. Otomatis, pihak jasa pengiriman bisa menggunakannya untuk mengirim barang secepat mungkin. Dalam beberapa kasus, barang bahkan bisa mulai dikirim pada pagi hari dan sampai pada sore atau malam di hari yang sama. Tapi, tentu saja barang tersebut sudah harus siap sebelum kereta api mulai meluncur.

Mengapa bisa secepat itu? Beda dengan jalan raya yang rentan macet, terkena rambu lalu lintas, atau masalah lainnya, kereta bakal terus melaju sampai ke tujuan. Andaipun berhenti, hanya di stasiun-stasiun tertentu saja.

  1. Pengiriman Barang dengan Kereta Api Cenderung Aman

Kelebihan lain yang bisa didapatkan jasa pengiriman jika mengirimkan barang dengan transportasi kereta adalah tingkat keamanannya yang tinggi. Soalnya, gerbong kereta cenderung kuat. Barang-barang di dalamnya juga tidak terpapar sinar matahari atau hujan sama sekali. Bahkan, dalam beberapa kasus, ada ruangan yang bisa diatur suhunya. Hal ini tentu bisa membantu pengiriman barang yang membutuhkan pengaturan suhu khusus, bukan?

Nah, jika Anda membutuhkan jasa pengiriman yang bisa diandalkan, bisa kok menggunakan jasa LJR Logistics. Soal keamanan barang atau variasi jenis layanan, bisa Anda cek langsung di ljrlogistics.com. Jadi, pastikan Anda menggunakan jenis layanan yang tepat, ya?

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Google reCAPTCHA

Form Komentar












Captcha Tidak Valid

Ohh sorry, you're not human (Anda bukan manusia)
Silahkan klik kotak I'm not robot (reCaptcha) untuk verifikasi