CARA MERAWAT ACCU ( AKI ) YANG BAIK AGAR HEMAT BEAYA

Accu mobil harus dirawat dengan baik agar awet dan hemat beaya

CARA MERAWAT ACCU YANG BAIK AGAR AWET DAN BISA MENGHEMAT BEAYA

Hai Sobat Bisnis LJR, senang bertemu Kembali dengan anda semua. Setelah episode yang lalu membahas tentang mengapa mobil mogok di jalan dengan tiba-tiba. Pada edisi ke 4 ini kita akan membahas komponen pada mobil yang cukup penting yang perlu mandapat perhatian, yaitu aki. Banyak kendaraan yang akinya cepat soak karena tidak dirawat dengan benar. Nah bagaimana cara merawat aki dengan benar? Ayo kita lihat caranya. Disini kita akan membahas aki basah ya. Karena aki Kering jika sudah soak biasanya sudah harus langsung diganti karena aki kering tidak dapat diisi ulang.

Tahap memelihara aki lama yaitu agar awet yaitu :

  1. ACCU Baru : Isi aki dengan air suur, isi sampai level yang sudah ditentukan
  2. Pastikan Kabel & baut yg di kepala aki sudah dikencangkan dgn baut kepala Aki dengan kabel dikencangkan bautnya, jika aki engkel, namun jika aki ganda kencangkan kabel pararelnya yg kadang sering longgar.hal ini perlu dilakukan agar tidak terjadi percikan api saat aki digunakan  yang bisa mengakibatkan kebakaran
  3. Periksa aki setiap 3 sampai 7 hari sekali, apakah air aki berkurang ? atau kondisi kepala aki  berjamur ? atau  berkarat ? atau longgar kabelnya.

Jika terjadi kondisi seperti diatas bisa mengakibatkan aliran strum dari alternator (yang) Tidak sempurna ( bisa ) juga kabel & baut pengikat kepala aki berjamur & putus yang bisa menyebabkan mobil mogok.

Namun jika air aki berkurang maka segera mengisi kembali aki dgn air aki + sampai pada level yg telah di tentukan.

  • Untuk aki yang sudah lama ( 6 Bulan sampai 1 tahun )  sebaiknya periksa elemen aki. Apakah kondisinya masih bagus untuk menyimpan strom ? atau sudah mengembang ?

Jika sudah mengembang berarti aki sudah tidak layak pakai dan harus diganti.

Pada kasus lain, terkadang aki tidak bisa menyalurkan  strum yg maksimal  padahal kondisi ( Aki ) masih relative baru.

Jangan buru-buru mengganti aki, bisa jadi (aki yang tidak mengeluarkan strum terjadi) karena kita lupa mematikan lampu mobil yang terus menyala atau adanya aliran listrik yg terus mengalir disaat mesin mobil dalam keadaan mati / Off.

Jika tejadi hal yg demikian sebaiknya kita charge ulang aki dahulu. Namun Jika masih tidak mampu  mengeluarkan strum yg maksimal, kita coba dengan membersihkan aki dengan cara membuang dan tiriskan seluruh air aki yg ada didalam aki dan menggantinya dengan air aki sur yang baru, sampai pada level yang sudah ditentukan, barulah aki di charge Kembali.

Biasanya setelah aki dibersihkan dgn menganti air aki suur yg baru dan strom kembali aki sudah dapat berfungsi seperti sedia kala, namun jika masih tetap sama aki drop barulah kita mengganti dgn aki yg baru.

Demikianlah sobat bisnis LJR cara merawat aki yang baik (dan benar) agar kita bisa menghebat biaya.

Sampai ketemu lagi di tips & Tricks edisi berikutnya yang lebih seru tentunya.

LJR Faster & Better  

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Google reCAPTCHA

Form Komentar












Captcha Tidak Valid

Ohh sorry, you're not human (Anda bukan manusia)
Silahkan klik kotak I'm not robot (reCaptcha) untuk verifikasi