Jasa Pengiriman Barang

Beberapa Jenis Asuransi Jika Anda Memakai Jasa Pengiriman Barang, Apa Saja?

Ada banyak fitur yang disediakan jika Anda memakai jasa pengiriman barang. Nah, jika Anda sering memakainya, pasti bakal akrab dengan fitur asuransi. Yap, sama seperti asuransi-asuransi pada umumnya, tujuannya tentu untuk pengamanan. Hanya, yang diamankan oleh asuransi ini adalah barang yang Anda kirim.

Memang, pihak penyedia jasa pasti akan berusaha sebaik mungkin menjaga kondisi dan keamanan barang yang dikirim. Sudah ada standar operasional (SOP) yang ditetapkan demi memastikannya. Bahkan, jika ada pesanan khusus seperti barang tidak boleh dibanting, ditindih, atau dijaga kondisi suhunya agar tetap dingin, hal ini juga bakal dilakukan meski tentu saja bakal ada biaya tambahan. Namun, tetap saja, keberadaan asuransi ini bisa memberikan rasa aman lebih kepada pelanggan.

Hal ini pulalah yang diberikan oleh LJR Logistics. Sebagai salah satu jasa pengiriman barang terandal di Indonesia, Anda bisa dengan mudah mengecek adanya layanan asuransi di dalam situs resminya, yaitu ljrlogistics.com.

Nah, jika Anda penasaran dengan jenis asuransi yang biasanya diberikan oleh pihak penyedia jasa pengiriman, apa saja sih?

  1. Asuransi berjenis Institute Cargo Clause ( C ) – ICC “C”

Jenis asuransi ini bisa memberikan jaminan jika sampai barang yang dikirim mengalami kerusakan atau bahkan hilang. Contohlah, jika barang ini dikirim dengan kapal ke luar pulau namun selama perjalanan mengalami tenggelam, meledak, atau bahkan terjadi kebakaran, maka pihak pengirim atau penerima bisa mendapatkan klaim penggantinya.

Hal ini juga berlaku jika kapal yang dipakai pihak jasa pengiriman barang tiba-tiba mengalami kecelakaan sehingga harus dibongkar muatannya. Intinya sih, barang yang Anda kirim bakal diberikan perlindungan maksimal.

  1. Asuransi Berjenis Institute Cargo Clause (A) – ICC “A”

Jenis ini berarti jaminan asuransi untuk semua kemungkinan risiko yang bisa terjadi selama perjalanan. Jadi, andai terjadi kerusakan sekecil apapun selama perjalanan pengiriman barang dan dari pihak pengirim atau penerima tidak menerima, maka bakal diganti kok.

  1. Asuransi Berjenis Institute Cargo Clause (B) – ICC “B”

Jenis asuransi ini juga bisa Anda temukan di jasa pengiriman barang. Biasanya, jenis asuransi mengkover semua yang tersedia di jenis ICC “C” dan ditambah dengan adanya kemungkinan terjadinya bencana alam seperti muatan tersambar petir, terkena letusan gunung berapi, atau rusak karena gempa bumi, tenggelam di dalam lautan, hingga jika karena kerusakan karena muatan terkena air laut dan lain-lain.

  1. Asuransi Berjenis Strike Clause serta War Clause

Kalau yang ini, pihak jasa pengiriman barang biasanya memakainya untuk perlindungan barang-barang dari aksi terorisme, pembajakan, hingga karena efek perang. Jadi, jika sampai barang hilang, rusak, atau mengalami masalah lainnya, bisa diklaim oleh pihak penerima atau pengirim.

Write a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *