Jasa Sewa Gudang

Sebelum Memakai Jasa Sewa Gudang, Sebaiknya Terapkan Langkah Mencegah Kebakaran Gudang Ini

Banyak orang yang memakai jasa sewa gudang untuk mendapatkan gudang terbaik sesuai dengan kebutuhan bisnis mereka. Tapi, kebanyakan dari mereka hanya memperhatikan tentang posisi atau kondisi gudang. Padahal, ada satu hal lain yang juga tidak kalah penting, yaitu keamanan dari gudang yang akan disewa.

Memang, ada banyak definisi dari keamanan gudang. Sebagai contoh, gudang aman dari bencana alam seperti banjir, tanah longsor, atau bahkan pasang air laut. Selain itu, gudang juga sebaiknya aman dari aksi kriminalitas. Tapi, ada faktor keamanan lain yang sering disepelekan, yaitu keamanan dari kebakaran.

Sebagian bangunan di Indonesia masih belum mendapatkan faktor keamanan dari kebakaran. Biasanya, dari pihak jasa sewa gudang pun bakal memberitahukan kepada Anda terkait dengan apakah sudah ada sistem pemadam khusus atau tidak pada gudang tersebut.

Nah, jika ternyata belum, sebaiknya Anda mulai mempersiapkan sejumlah hal berikut ini demi mencegah terjadinya kebakaran.

  1. Perhatikan Jenis Material Bangunan dan Barang yang Akan Anda Simpan

Ada bangunan gudang yang terbuat dari bahan kayu. Meski terlihat kokoh, bangunan ini tentu akan lebih mudah terbakar jika dibandingkan dengan jenis bangunan lainnya. Jadi, saat Anda mendapatkan rekomendasi dari jasa sewa gudang, perhatikan dengan baik jenis material yang ada pada bangunan tersebut, ya?

Selain itu, perhatikan pula jenis barang apa yang nantinya akan Anda simpan di gudang tersebut. Bahan kimia, kertas, logam, kayu, kain, peralatan elektronik, dan lain-lain memiliki tingkat mudah terbakar yang berbeda-beda. Ada yang bisa cepat terbakar, ada yang tidak mudah. Selain itu, penanganan kebakaran pada setiap benda juga berbeda-beda. Jadi, Anda bisa memasang sistem pencegah kebakaran dengan pas pada barang-barang tersebut.

  1. Pasang Sistem Pencegah Kebakaran dengan Tepat

Sistem pencegah kebakaran ada bermacam-macam. Ada yang berupa hanya pemasangan alat pemadam api ringan (APAR) di sudut-sudut gudang yang bisa digunakan oleh karyawan jika sewaktu-waktu muncul api. Ada juga sistem pencegah kebakaran otomatis dengan penyemprot air yang akan aktif jika ada asap atau api yang muncul.

Penempatan APAR haruslah pas sehingga bisa digunakan dengan cepat oleh karyawan untuk memadamkan api sesegera mungkin. Sistem pencegah kebakaran otomatis juga harus sesuai dengan standar agar bisa berfungsi saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

  1. Pelajari Pelatihan Penggunaan APAR

Jika Anda sudah mendapatkan gudang yang sesuai dengan kebutuhan Anda lewat jasa sewa gudang dan kemudian memilih untuk menempatkan APAR, pelajari dulu penggunaan, penempatan, dan detail lainnya. Soalnya, menggunakan APAR tidak boleh sembarangan. Penempatannya juga harus sesuai dengan standar. Jika tidak, saat tiba-tiba api muncul, tidak ada orang yang bisa memakainya dan akhirnya api semakin membesar.

Jika Anda membutuhkan jasa sewa gudang¸ tak perlu bingung, gunakan saja jasa dari LJR Logistics. Kalau ingin lebih tahu soal hal ini, cek saja situs resminya di ljrlogistics.com.

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Google reCAPTCHA

Form Komentar












Captcha Tidak Valid

Ohh sorry, you're not human (Anda bukan manusia)
Silahkan klik kotak I'm not robot (reCaptcha) untuk verifikasi