Jasa Pengiriman Barang

Jenis Asuransi Jasa Pengiriman Barang Sesuai dengan Moda Transportasi yang Dipakai

Ada banyak sekali serba-serbi dari jasa pengiriman barang. Biasanya sih, kita membahas soal tips-tips pengiriman. Nah, untuk kali ini, kita perlu membahas soal asuransi, sesuatu yang sebenarnya penting namun sayangnya seringkali disepelekan dalam bisnis pengiriman barang. Seperti apa sih fungsinya?

Asuransi dalam pengiriman barang kini mutlak diperlukan karna volume dan frekuensi pengiriman pada zaman sekarang jauh lebih banyak dibandingkan dengan pada zaman dahulu. Bagaimana tidak, kini, jutaan barang bisa dikirim dalam sehari di Indonesia. Pengirimannya saja bisa memakai berbagai macam moda transportasi dari darat, laut, dan udara. Otomatis, hal ini membuat banyak barang bertumpuk untuk dikirim ke alamat lain sehingga membuat risiko terjadinya kerusakan atau bahkan barang hilang semakin tinggi.

Dengan adanya asuransi, maka pengirim atau pengerima barang bakal lebih tenang. Andai seburuk-buruknya barang sampai rusak atau hilang, setidaknya mereka bisa melakukan klaim untuk menggantinya. Selain itu, dengan adanya asuransi, semua pihak, termasuk jasa pengiriman barang juga bakal meningkatkan kualitas layanannya demi memastikan kalau barang yang dikirim bisa dijaga dengan baik.

Berikut adalah jenis asuransi yang bisa Anda gunakan saat mengirimkan barang.

  1. Asuransi yang bisa digunakan saat pengiriman barang dilakukan dengan transportasi laut

Salah satu moda transportasi yang paling sering dipakai oleh jasa pengiriman barang di Indonesia adalah transportasi laut seperti kapal. Untungnya, karena Indonesia adalah negara maritim dengan begitu banyak lautan dan pulau, kapal bukan moda transportasi yang jarang dipakai. Otomatis, barang-barang tinggal diangkut dalam kapal-kapal tersebut untuk menyeberangi laut, sungai, atau bahkan selat.

Asuransi untuk transportasi laut biasanya untuk kemungkinan jika kapal pengangkut mengalami kecelakaan hingga tenggelam, kebakaran, atau bahkan andai barang jatuh ke laut saat proses bongkar muat.

  1. Asuransi yang bisa digunakan saat pengiriman barang dilakukan dengan transportasi udara

Volume pengiriman barang dengan transportasi udara memang tidak sebanyak jika dibandingkan dengan transportasi darat atau lautan. Tapi, penggunaan moda transportasi ini penting karena menjangkau banyak daerah yang terpencil dan sulit dijangkau dengan transportasi darat atau lautan, khususnya dengan pesawat perintis.

Asuransi untuk jenis transportasi ini biasanya andai terjadi kecelakaan udara seperti pesawat jatuh atau meledak. Bisa jadi, barang juga hilang atau bahkan tertukar selama penerbangan. Nah, pengirim pun bisa melakukan klaim jika sampai barang tersebut mengalami masalah ini.

  1. Asuransi yang bisa digunakan saat barang dikirim dengan transportasi darat.

Sebagian besar jasa pengiriman barang di Indonesia memakai transportasi darat seperti dengan truk, mobil box, dan lain-lain. Risiko barang pecah, rusak, tertindih, hingga kecelakaan pada transportasi ini juga ada sehingga asuransi tentu mutlak diperlukan demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan tersebut.

Jika Anda membutuhkan jasa pengiriman barang yang dilengkapi dengan asuransi, tinggal cek saja soal detail ini di situs ljrlogistics.com milik LJR Logistics. Pilih jenis asuransi yang sesuai dengan kebutuhan pengiriman barangmu, ya?

Write a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *